Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Faktor Penting untuk Membangun Backlink Berkualitas

Di jagat maya, ada sebuah kompetisi untuk menjadi nomor 1 di kategorinya. Semua situs berlomba lomba menjadi yang terbaik. Untuk bisa menjadi nomor satu, hal yang paling penting di situs kita adalah backlink. Oleh karena itu, kita akan mempelajari tentang apa itu backlink berkualitas, di mana membangun backlink untuk mencapai efisiensi tertinggi, dan semua faktor yang dapat membantu Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas untuk situs Anda.


#1: Backlink dari situs terkemuka dan terkenal

Faktor pertama yang harus kita ketahui untuk menentukan backlink yang berkualitas adalah backlink web dilinkkan dari situs yang memiliki reputasi dan terkenal. Misalnya jika Anda memiliki beberapa backlink dari Kompas, detikcom atau liputan6, itu berarti backlink tersebut berkualitas sangat tinggi.

Mengapa? Karena Google selalu menyadari bahwa konten atau link keluar dari situs web tersebut sangat berkualitas, situs tersebut memiliki jangka waktu penerbitan yang sangat lama dan mencapai peringkat tinggi pada kata kunci populer.

Juga, untuk setiap situs, sebuah web memiliki dua indeks yang disebut Page Authority -PA- dan Domain Authority -DA- untuk mengukur kualitas situs. Semakin tinggi nilai indeks PA dan DA berarti semakin tinggi pula kepercayaan Google. Nilai dari PA dan DA adalah 1 - 100. Jika backlink Anda muncul di situs yang PA DA tinggi maka kualitasnya juga sangat bagus. Anda dapat menggunakan cek PA DA di https:// websiteseochecker. com/ bulk-check-page-authority untuk memeriksa indeks tersebut.

#2: Backlink dari halaman PAGERANK tinggi

PageRank (PR) selalu menjadi tolak ukur untuk mengevaluasi setiap peringkat website di mesin pencari yang ditunjukkan oleh Google. Sebuah website dengan PR yang lebih tinggi akan diprioritaskan ditampilkan pada posisi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian daripada situs PR yang lebih rendah atau tidak sama sekali.

Pagerank pernah menjadi tidak begitu penting, namun tahun 2017 PR masih dijadikan tolok ukur secara keseluruhan nilai standar untuk menilai kualitas sebuah website dan website dengan PR tinggi masih memiliki sedikit keunggulan.

www.kartininews.com

Banyak pendapat yang menganggap bahwa backlink dari situs PR tinggi tidak benar-benar berkualitas, tetapi pengalaman pribadi saya bahwa backlink yang ditempatkan di situs web dengan PR tinggi selalu berkualitas baik, tentu web tersebut harus memiliki konten yang relevan dengan situs web yang menempatkan link Anda.

#3: Backlink dari halaman konten yang sama

Faktor ini selalu disebutkan dalam tutorial SEO dasar. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat backlink dari situs web Page Rank atau PA yang tinggi, yang paling efektif yang bisa dilakukan adalah membuat backlink di situs web dengan konten yang sama. Halaman-halaman itu tentu saja tidak perlu memiliki peringkat tinggi.

Misalnya jika Anda memiliki blog tentang WordPress atau trik SEO, Anda dapat membangun backlink dari situs web tentang blogging atau tips pemasaran online. Atau jika Anda adalah blogger tamu untuk beberapa situs web, Anda boleh memasukkan backlink ke artikel tamu Anda. Itu akan menjadi backlink berkualitas karena situs tamu dan situs Anda memiliki konten yang sama. Itu akan membantu Google menghargai backlink Anda untuk meningkatkan peringkat situs.

Terkadang tidak membutuhkan situs yang yang sama kategorinya, namun jika bisa mendapatkan backlink dengan nice web yang sama jauh lebih menguntungkan.

#4: Jenis situs web

Banyak web master merekomendasikan tentang metode backlink dengan mengirimkan artikel ke beberapa situs direktori artikel yang terkenal seperti EZineArticle atau Social Bookmarking. Pasalnya, ini adalah cara yang lebih mudah untuk diterapkan dan tidak terlalu bergantung pada kualitas konten situs web. Namun faktanya, Google tidak menghargai backlink dari situs-situs seperti itu. Google cukup cerdas untuk memahami bahwa artikel dari direktori tersebut hanya untuk tujuan backlink saja (termasuk forum, komentar atau halaman Wiki dengan PR rendah).

Jadi, jenis website terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah blog, jurnalistik, pendidikan atau situs sejenis lainnya yang memiliki keandalan tinggi. Tentu saja, tidak mudah untuk mendapatkan backlink di situs web tersebut, tetapi sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan hasil yang layak untuk apa yang Anda dapatkan.

#5: Penempatan Backlink

Ada tempat tempat backlink yang tidak diperhitungkan google, oleh karena itu, kalian harus mengetahuinya. Backlink yang diletakkan di beberapa posisi umum seperti footer, header, sidebar situs web addalah tempat tempat yang tidak diperhitungkan oleh google. Jadi backlink yang ditempatkan di area tersebut berkualitas atau tidak?

Saya dapat mengatakan: TIDAK. Penempatan backlink yang paling tidak efektif adalah di footer. Untuk bot mesin pencari yang mengindeks halaman, mereka akan mulai dari atas ke bawah dan ketika seseorang mencari di konten Google, konten yang diatur di bagian atas situs web akan selalu lebih disukai.

Jadi, kita dapat memahami bahwa jika backlink Anda berada di sidebar atau header, mereka akan lebih efektif daripada meletakkan di footer. Namun, dalam hampir semua kasus, tidak ada badan yang menempatkan backlink di header (hampir tidak ada), jadi solusi terbaik adalah dengan menggunakan Backlink Kontekstual, yaitu ada pada artikel.

Backlink Kontekstual berarti secara aktif menyisipkan tautan ke artikel tertentu dengan konten terkait dan mengubah teks jangkar agar sesuai dengan konten. Di sisi lain, jika backlink Anda ditempatkan di baris pertama artikel, itu berarti Anda memiliki posisi yang sangat sempurna untuk backlink.

#6: Jumlah backlink

Google tidak akan menyukai (sebenarnya, sangat membenci) konten yang memiliki terlalu banyak backlink outbound, itu seperti Anda bermain game labirin dengan bot mesin pencari untuk "memancing" mereka ke dalam hutan backlink. Ini benar-benar spam. Jadi tolong batasi menyisipkan beberapa backlink ke dalam sebuah artikel, cukup masukkan tautan yang relevan, hindari memasukkan tautan yang tidak diketahui tujuannya (tag, kategori).

Batasi juga penempatan backlink yang hanya mengarah ke beranda/hompage, Anda hanya boleh membuat target backlink Anda ke halaman artikel Anda dengan konten yang relevan saja, atau situs Anda akan masuk ke sandbox Google dan tetap di sana selamanya.

Posting Komentar untuk "6 Faktor Penting untuk Membangun Backlink Berkualitas"