Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top 4 Content Management Systems (CMS) Terbaik untuk Marketing

Sistem Manajemen Konten atau disebut CMS merupakan salah satu mesin website yang dapat dijadikan sebagai alat utama dalam pemasaran konten. Namun untuk memilih CMS terbaik butuh keahlian dan pengamatan yang jauh. Kali ini membahas apa saja sih CMS terbaik untuk pemasaran? Dengan pemasaran yang baik, tentu akan meningkatkan hasil kerja. 

Perangkat Lunak CMS terbaik untuk pemasaran adalah hal dasar untuk memulai bisnis di internet. CMS ini harus sesuai dengan kebutuhan di perusahaan, sehingga dapat memudahkan perusahaan untuk mempublikasikan, memperbarui, dan juga membuat konten pemasaran.

Anda butuh tenaga profesional untuk dikerjakan di perusahaan sebagai tim pemasaran online yang dibutuhkan. Atau jika tidak, anda bisa belajar sendiri bagaimana cara mengelola website anda dengan mesin CMS yang dipakai.

Mesin CMS dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, baik portofolio, mesin tagihan, toko online dan lain sebagainya. Hal ini karena CMS sudah banyak dikembangkan oleh banyak kontributornya masing-masing.

Apa itu CMS (Content Management System)?

Sebelum lebih jauh bicara cms, alangkah baiknya anda yang baru di dunia online mengetahui lebih banyak tentang CMS terbaik yang tersedia di market, bagaimana sebaiknya memilihnya. 

CMS adalah mesin web yang dirancang untuk membantu developer website untuk membuat, memperbarui, memodifikasi, dan mengelola semua konten di situs web yang sedang dikembangkan, baik itu web sederhana atau web yang kompleks yang penuh dengan informasi tentang perusahaan dan juga konten visual interaktif untuk pelanggan.

CMS dapat memastikan untuk setiap user atau kontributor web dapat memperbarui konten mereka dengan menggunakan editor yang sudah disederhanakan. CMS yang sudah banyak dikenal para developer di dunia adalah Wordpress. 

Sistem CMS WordPress, dapat membantu setiap pengguna membuat situs web dengan tampilan sederhana sampai kompleks dengan hanya beberapa klik. tidak diperlukan keahlian dalam membaca kode skrip atau html yang rumit seperti membuat website tahun 90an pada halaman tradisional, yang harus mengerti dalam ilmu HTML, CSS, PHP, JavaScript, dan juga ilmu bahasa pemrograman lainnya.

CMS membutuhkan server yang sesuai dengan kebutuhan. Jika perusahaan menyimpan banyak file di websitenya maka harus besar kapasitas server yang dibutuhkan. sekalipun hanya menerima berkas para pelamar pekerjaan.

Bagaimana cara kerja Sistem CMS?

CMS berfungsi sebagai interface untuk berinteraksi dari dalam maupun luar perusahaan dengan situs web yang dikelola. Setiap editor dapat menggunakan editor visual untuk konten yang dibuatnya, dapat memperbarui gambar dan juga teks, mengembangkan formulir dan memasukkan pop-up, atau jenis konten lainnya yang dapat membantu meningkatkan hasil yang lebih baik untuk strategi Pemasaran Perusahaan.

Ada dua bagian penting dalam sistem CMS, yaitu manajemen konten itu sendiri dan juga pengiriman konten. Untuk Manajemen Konten merupakan bagian yang mampu berinteraksi dengan developer, atau manager website, dengan pekerjaan mengelola, menambahkan, bahkan mengedit konten ke situs web tanpa memerlukan pengkodean.

Sedangkan sistem Pengiriman Konten, merupakan bagian dari segala sesuatu yang terjadi di belakang layar. Dibutuhkan skill developer web yang dapat bekerja untuk dapat mempercepat loading website, dapat meningkatkan seo dan lain sebagainya.

Fitur apa yang harus dimiliki CMS untuk Pemasaran?

Ada pilihan tentu ada yang buruk dan ada yang terbaik. Oleh karena itu sebelum memilih CMS yang terbaik, kita harus menentukan alat pendukung apa saja untuk kegiatan pemasaran. Tool yang harus digunakan dalam pemasaran haruslah ada fitur tentang manajemen video, manajamen pelanggan, manajamen infografis, dan penjualan produk dan juga sistem alat pembayaran. Bahkan sekarang dapat juga ada sistem tracking pengiriman. Selain itu, CMS ini juga harus mempunyai sistem yang dapat mengoptimalkan SEO dan juga visual konten yang menarik dan bersih.

Jika perusahaan Anda di bidang jurnalis maka yang dibutuhkan adalah fitur jurnalis atau kontributor, sistem pendaftaran dan login setiap kontributor, dan juga fitur yang mudah terbaca di dalam menulis artikel atau berita. serta yang tidak kalah penting adalah keterbacaan konten.

Jika perusahaan Anda adalah di bidang Penjualan produk, maka yang dibutuhkan dalam CMS adalah fitur toko online dengan segala perangkatnya, mulai posting produk, manajemen produk, pembayaran, sampai pada sistem pengiriman. 

Jika Perusahaan Anda di bidang Travel, maka yang dibutuhkan adalah fitur booking, pembayaran, manajemen video dan juga tarif travel, serta juga manajemen produk travel seperti penginapan sampai layanan yang disediakan.

dan masih banyak jenis perusahaan lainnya. Anda harus mengerti dulu perusahaan anda ini bergerak di bidang apa. maka bisa ditentukan fitur fitur yang dibutuhkan.

4 CMS Terbaik untuk Pemasaran

CMS berikut adalah yang paling cocok untuk Pemasaran di sebuah perusahaan. CMS ini juga yang mampu menjawab tantangan perusahaan. 

1. WordPress

WordPress merupakan sistem CMS nomor wahid, dengan berbagai manfaat dan fungsinya. Karena CMS ini dilengkapi dengan sistem plugin yang dibuat untuk kebutuhan sebuah perusahaan. dan mungkin juga terdapat berbagai kelemahannya. 

WordPress merupakan mesin yang berpower tinggi dalam menjalankan sebuah website atau blog. Namun banyak hacker yang tahu kelemahannya. Wordpress adalah mesin website yang tidak aman dan mudah dibobol dan juga cms yang jadul atau ketinggalan zaman. Oleh karena itu, pihak developer harus tahu sistem keamanan dengan menerapkan plugin security agar aman.

Kelebihannya adalah mudah dipasang di berbagai hosting, baik cpanel atau lainnya. serta yang paling penting adalah GRATIS. demikin juga di theme, plugin dan lainnya juga banyak yang gratis. namun yang gratis ini juga belum bisa dipastikan aman dari serangan pembobolan.

Jika web berbasis cms wordpress ini tidak mengandung data yang penting atau data rahasia, maka wordpress adalah pilihan utama untuk membangun website untuk pemasaran perusahaan anda.

2. Drupal

Drupal juga merupakan cms populer, tetapi hanya 2,1% pengguna di internet. Drupal adalah CMS yang lebih aman dari serangan peretas dibandingkan WordPress. Drupal ini adalah sifatnya opensource dan gratis serta dapat dipasang dari hosting apa saja secara otomatis seperti wp.

Dengan komunitas aktif dan dukungan online dari rekan-rekan di seluruh dunia, Drupal sangat berguna bagi mereka yang berencana mengelola banyak konten dengan alat ini. Sementara instalasi WordPress mungkin tertinggal setelah beberapa gigs data jika tidak dikelola dengan benar, solusi ringan Drupal tidak mengalami masalah yang sama.

3. Joomla

Joomla juga merupakan CMS open-source yang dikemas dengan fitur untuk membantu pemasaran dan membangun situs web dan blog yang lebih baik. Kelemahannya adalah sebagian besar ekstensi yang mendukung Joomla adalah berbayar, sementara dengan WordPress dan Drupal Anda dapat menemukan sebagian besar secara gratis.

Antarmuka lebih sulit digunakan daripada yang ditemukan di WordPress, tetapi Joomla memiliki banyak fitur tambahan keamanan yang menjadikannya pilihan teraman untuk blog perusahaan. Meskipun CMS ini bisa sangat intuitif dan lugas dalam hal perlindungannya, CMS ini memerlukan pemahaman tentang struktur halaman web untuk benar-benar menunjukkan kehebatannya dan memiliki sangat sedikit komunitas dan forum online yang mendukungnya.

4. Magento

Magento adalah cms opensource juga untuk mendukung situs web dan blog. Magento unggul dalam membantu membangun toko online, jauh lebih sebanding dengan alat seperti WooCommerce, OpenCart, dan Shopify daripada WordPress itu sendiri.

Meskipun tidak memerlukan pengkodean untuk menyiapkan, Magento jauh lebih mudah digunakan setelah Anda mengetahui dasar-dasar HTML dan PHP. Anda harus belajar pemrograman untuk bisa mengerti bahasa HTML dan PHP.

Siap memilih CMS terbaik untuk pemasaran? SementaraCMS yang Anda gunakan untuk memberi daya pada situs web Anda memainkan peran besar dalam seberapa baik kinerjanya, ada faktor lain yang dapat sangat memengaruhi hasil Pemasaran Digital Anda. Salah satunya adalah kecepatan website Anda.

Posting Komentar untuk "Top 4 Content Management Systems (CMS) Terbaik untuk Marketing"