Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memaksimalkan Kamera Xiaomi Layaknya DSLR

Para pemula photographer, biasanya diawali dengan kamera dari HP android atau apple, namun seiring berjalannya waktu, fitur yang disuguhkan di Android semakin bagus. Contohnya pada Xiaomi. HP Xiaomi ini mempunyai kamera yang cukup bagus. Xiaomi menjadi salah satu smartphone yang punya banyak peminat daripada yang lainnya, mungkin karena harga murah kali ya. Atau bisa jadi karena ketertarikan Fitur kamera pada smartphone asal Tiongkok ini yang sudah berkualitas sangat handal. Karena sekarang ini, kamera menjadi kebutuhan para milenial untuk mengabadikan moment pentingnya. Hampir setiap orang melakukannya. 

Generasi terbaru dari HP Xiaomi ini ternyata memiliki kualitas jepretan dari kamera Xiaomi dapat berimbang dengan kualitas kamera DSLR, ini keren banget kan. Akan tetapi, Kamera Xiaomi ini membutuhkan sedikit pengaturan dan beberapa teknik agar hasil jepretan bisa maksimal bahkan lebih bagus dari DSLR. Berikut kami bagikan info tentang tips dan cara mengoptimalkan hasil kamera Xiaomi seperti kamera DSLR dibawah ini.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan

Untuk tips dan cara mengoptimalkan hasil kamera Xiaomi seperti kamera DSLR kali ini kita membutuhkan beberapa spesifikasi kamera Xiaomi yang akan kita butuhkan, seperti kamera utama 8 MP, LED flash, memiliki fitur touch focus, face/smile detection.

Tips dan Cara Mengoptimalkan Hasil Kamera Xiaomi Seperti Kamera DSLR

  • Langkah pertama, silahkan anda buka kamera pada ponsel Xiaomi Redmi anda
  • Jika sudah, silahkan anda geser layar ke kanan dan cari ikon gear, klik dan masuk menu pengaturan
  • Jika sudah masuk, silahkan anda pilih bingkai kamera dan pilih ukuran layar penuh 16:9.
  • Lalu pada bagian kualitas gambar, silahkan anda pilih pada kualitas tinggi
  • Jika sudah, silahkan anda kembali ke bagian layar pengambilan gambar kamera Xiaomi
  • Non aktifkan LED flash agar kualitas gambar DSLR bisa di dapat
  • Aktifkan pula mode HDR

Jika semua pengaturan sudah selesai, kali ini silahkan anda mengambil gambar dengan menentukan salah satu objek fokus. Perhatikan intenstas cahaya juga, pastikan cahaya disekitar anda cukup. Lalu jangan sampai anda berhadapan dengan cahaya, karena nanti nya bisa memberikan efek Backlight, jadi sebaiknya anda membelakangi sumber cahaya.

Mengenai Hasil jepretan, tergantung dari keahlian kita. Karena teknik untuk menghasilkan jepretan membutuhkan skill yang mumpuni dalam bidang photography. 

Oleh karena itu ada beberapa tips dalam proses jepretan agar bisa maksimal, yaitu :

1. Pengaturan dalam Pencahayaan Kamera

Setiap photographer pasti selalu melihat yang namanya pencahayaan objek. Jadi, mereka pasti mengatur pencahayaan baik itu memakai kamera profesional seperti DSLR atau bahkan kamera Xiaomi. Pencahayaan ini bertujuan agar tangkapan gambar yang dihasilkan mempunyai proporsi cahaya yang pas dan cukup. Kelebihan maupun kekurangan cahaya saat penjepretan dalam mengambil gambar mengakibatkan hasil foto memuaskan. Oleh karena itu, sebaiknya pertama yang kita lakukan adalah mengatur pencahayaan kamera Xiaomi dengan cara manual yang menyesuaikan dengan kondisi latar belakang, yaitu apakah terdapat cahaya yang mencukupi atau tidak.

2. Latar/Background, Waktu, dan Tempat yang Tepat

Latar atau background yang tepat dapat menghasilkan jepretan yang memuaskan. Begitu juga waktu yang tepat akan memberikan hasil cahaya yang memuaskan juga. Serta dalam pemilihan tempat juga bisa mendapatkan hasil jepretan yang tak kalah dalam memakai kamera DSLR. Banyak pemula, seperti saya ini, sering tidak mengetahui dan bahkan mengabaikan tips ini. 

Padahal untuk menghasilkan yang maksimal membutuhkan pemilihan latar, waktu, dan tempat yang tepat agar pengambilan gambar yang dihasilkan dapat menandingi hasil jepretan foto yang menggunakan kamera DLSR. Pelajari tentang tips kedua ini di komunitas photograper, bergabunglah dengan mereka dan pelajari cara mereka mengambil gambar yang bagus. Berguru dengan sesama teman sendiri juga sangat menyenangkan jika anda tidak bisa menerapkan tips yang kedua ini. 

Dengan mengaplikasikan tips ini, maka hasil jepretan yang Anda hasilkan dengan kamera Xiaomi akan layak dengan mereka yang menggunakan kamera DLSR.

3. Amati Jarak Kamera Xiaomi dengan Objek

Pada tips ini jelas sangat berbeda dengan kamera DSLR yang bisa mendapatkan gambar dengan jarak jauh sekalipun. Maka ketahuilah inilah kelemahan dari kamera smartphone. Namun kita harus mengerti dalam mengetahui dan mengamati jarak pengambilan gambar itu bisa kurang atau lebih dari 1 meter antara objek dan kamera. Kamera smartphone Xiaomi akan sangat bagus jika anda sering latihan dalam hal ini. 

4. Kestabilan Kamera Xiaomi

Seringkali ini yang menjadi kendala bagi pengguna kamera smartphone. Yaitu saat jepretan tidak stabil kameranya. Anda harus berlatih untuk bisa mempertahankan kestabilan pada saat jepretan atau pengambilan gambar dengan kamera Xiaomi. Walaupun kamera Xiaomi mempunyai kualitas bagus dan mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi, hal ini tidak berarti punya kelemahan. Yaitu proses kestabilan kamera saat pengambilan gambar. Anda juga perlu berlatih diam sejenak saat jepret.

5. Hindarkan Objek Foto dari Benda yang kurang Pantas

Fokus tema dan fokus objek adalah mempunyai nilai tertentu bagi para pengamat foto dan gambar. Tips ini perlu dilakukan dengan menjauhkan benda-benda lain yang kurang pantas dari objek foto. Hal ini bertujuan untuk selalu fokus kamera pada objek foto tidak pudar atau terpecah. Hasilnya bisa anda dapatkan dengan sangat memuaskan. 

Paling tidak, tips dasar ini yang dapat dilakukan untuk menghasilkan gambar dari jepretan kamera Xiaomi yang berkualitas DLSR. Petani pada dapat menghasilkan padinya yang bagus jika ia sering kesawah dan sering menanam. begitu juga seorang photographer pemula dapat menjadi profesional jika ia sudah menghabiskan jam terbangnya untuk memotret. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara memaksimalkan Kamera Xiaomi Layaknya DSLR"